Jenis – Jenis Gergaji Tangan Serta Kegunaannya

Gergaji merupakan salah satu perkakas teknik yang wajib dimiliki dirumah. Terkadang kita memperhatikan tukang bangunan bekerja menggunakan beberapa gerjaji dengan bentuk yang berbeda. Tipa-tiap gerjaji tersebut memiliki fungsi yang berbeda selain untuk memotong. Berikut ini akan saya bahas beberapa jenis gergaji tangan serta kapan jenis gergaji tersebut sebaiknya digunakan.

1. HANDSAW / RIPSAW


Handsaw

Jenis ini adalah yang paling sering kita lihat. Fungsi utamanya adalah untuk memotong dan membelah kayu dengan jalur urat searah. Mata gergaji Handsaw tidak bisa diganti, namun bisa diasah menggunakan kikir khusus. Harga gergaji jenis ini relatif murah mulai dari Rp 25.000. Gergaji ini salah satu yang wajib dimiliki, karena selain untuk memotong kayu bisa juga dipakai untuk memotong bambu , pipa ataupun triplek. Namun untuk hasil pemotongannya akan lebih kasar.

2. COPING SAW


Coping Saw

Jenis ini fungsinya untuk memotong pola atau bentuk rumit pada triplek atau papan kayu. Bentuk gergaji menyerupai huruf “U” yang berfungsi untuk mempermudah dalam proses pemotongan pola lengkung. Mata gergaji ini kecil, tipis dan sangat tajam, dapat diganti apabila sudah tumpul. Untuk harga satu setnya mulai dari Rp 50.000 , sedangkang untuk mata gergaji saja sekitar Rp 35.000

3. CROSSCUT SAW


Crosscut Saw

Jenis ini fungsinya untuk memotong kayu/pohon secara melintang. Gergaji ini mempunyai gigi penyeimbang yang lebih kecil. Ukuran gergaji ini ada yang kecil dan besar, jenis yang besar dipakai untuk menebang pohon. Harga gergaji ini lebih mahal dibandingkan dengan gergaji biasa.

4. HACKSAW / GERGAJI BESI


Hacksaw

Jenis ini merupakan gergaji khusus untuk memotong logam, pipa besi maupun pvc. Bentuknya mirip seperti Coping Saw namun mata gergaji lebih besar dan mata gergaji halus serta jarak antar mata gergaji rapat. Sama sepertiCoping Saw, mata gergaji dapat diganti apabila sudah tumpul.

5 BACKSAW / GERJAJI PUNGGUNG / GERGAJI SUDUT


Backsaw

Jenis ini memiliki plat besi pada bagian punggu gergaji yang berfungsi untuk menahan gergaji agar tetap lurus pada saat proses pemotongan. Cocok dipakai untuk membuat bentuk potongan diagonal seperti bingkai dan sambungan lemari.

6. GERGAJI JEPANG


Gergaji Jepang / Japanese Handsaw

Jenis ini memiliki ketajaman yang sangat baik dibandingkan dengan gergaji tangan lainnya. Ukurannya lebih tipis namun kuat dan tidak pletat-pletot saat dipakai. Namun harga dari jenis ini tergolong mahal mulai dari Rp 600.000

Back to Top