Kokedama Itu Apaan Sih ?

Sist/Bro sudah pernah denger istilah kokedama belum ? Kalau buat pencinta tanaman sih sudah biasa ya, tapi buat pemula seperti saya ini masih jadi sesuatu yang baru dan asik buat digali lebih dalam lagi tentang apa itu kokedama.

Pertama-tama kita bahas arti kata kokedama itu dulu ya. Kokedama berasal dari bahasa Jepang yang merupakan negeri asalnya, terdiri dari kata KOKE yang berarti lumut & DAMA yang berarti bola. Kokedama ini adalah seni merangkai bunga yang dilakukan dengan cara membungkus akar tanaman dengan tanah yang dibentuk bulat seperti bola kemudian dilapisi dengan lumut dan diikat dengan tali. Keuntungan menanam dengan Kokedama tidak memerlukan pot loh dan juga menghemat waktu dalam penyiraman karena tanaman cukup hanya disiram 1 minggu sekali saja. Cocok banget dijadikan hiasan indoor karna bentuknya unik dan perawatan tanaman jadi lebih mudah.

Lalu tanaman apa saja yang bisa ditanaman menggunakan cara ini ? Kokedama bisa diaplikasikan pada berbagai jenis tanaman hias yang berukuran kecil yang bisa diletakkan di dalam ruangan dan tidak tumbuh besar dengan cepat, serta tidak mememerlukan sinar matahari langsung maupun sinar matahari sepanjang hari. Contohnya tanamanan jenis Philodendron , Pakis , Sirih, Sansivera, Kadaka , atau anggrek juga bisa ditaman dengan cara ini. 

Selanjutnya, bagaimana ya caranya membuat kokedama ini ? Sebelum lanjut membuat tentunya harus siapkan bahan dan peralatannya dulu ya. apa saja ?

  1. Tanaman hias yang akan ditanam. Untuk pemula coba pakai tanaman hias yang harganya murah dulu ya jangan yang mahal-mahal, kalau mati nanti sayang hhehehe.
  2. Tanah bonsai yang dicampur dengan tanah gambut
  3. Lumut jenis sphagnum moss
  4. Tali untuk mengikat, pakai jenis tali yang bentuknya menarik ya supaya tampilan akhir kokedama nya jadi lebih cantik.
  5. Sarung tangan berkebun, kalau ada sih kalau gak ada juga gak apa-apa. Selesai projectnya inget cuci tangan pakai sabun ya.

Okay kalu semua bahan sudah siap, mari kita lanjut ke tahap pembuatan.

1. Pertama-tama ambil tanaman dan sedikit lumut , lalu bungkus akar taman dengan lumut sampai seluruh bagian akar tertutupi.

2. Selanjutnya tambahkan sedikit air pada campuran tanah bonsai dengan tanah gambut hingga teksturnya memungkinkan untuk dibentuk  menjadi gumpalan bola. Setelah itu bungkus akar tanaman menggunakan campuran tanah tadi dan dibentuk gumpalan seperti bola. Untuk ukurannya bebas aja sesuai keinginan dan rasa keindahan masing masing.

3. Selanjutnya lapisi lagi gumpalan tanah tadi dengan lumut. Kalau saran dari para pakar pada proses ini sebaiknya lumut yang dipakai adalah jenis Sheet Moss atau lumut lembaran, hanya saja di indonesia agak susah didapat ya. Jadi bisa pakai sphagnum moss saja tidak jadi masalah.

4. Setelah seluruh bagian gumpalan terlapisi lumut langkah selanjutnya adalah mengikat gumpalan tadi dengan tali yang sudah disiapkan dengan pola mengikat sesuai selera namun diusahakan agar ikatannya cukup kencang agar gumpalan tanah tadi tidak hancur.

5. Yeayy selesai sudah proses pembuatan kokedama dan silahkan berkreasi lagi dengan menggunakan tamanan hias lainnya … Selamat brekreasi

Back to Top