Wow Ini Nih Cara Meningkatkan Kualitas Sperma

Sperma yang berkualitas itu seperti apa ya ? sperma yang berkualitas itu adalah sperma yang sehat yang memiliki motilitas yang baik sehingga bisa berenang melalui serviks dan uterus wanita untuk dapat mencapai sel telur yang siap dibuahi. Sperma yang normal memiliki bentuk kepala oval dan ekor panjang. Selain itu semen yang dikeluarkan ketika ejakulasi juga harus mengandung 15 juta sperma permilimeternya.

Dari penjelasan tadi sangat tidak memungkinkan ya untuk kita bisa mengecek sendiri, apakah spermanya berkualitas atau tidak tentu harus memeriksakannya di laboratorium ya . Namun seperti kata pepatah “Sedia Payung Sebelum Hujan” ada baiknya kita melakukan beberapa tips berikut ini agar sperma kita tetap terjaga kualitasnya.

1. Tidak Merokok dan Minum Minuman Berlakohol
Jika kamu seorang perokok sebaiknya kurangilah dan usahakan bisa berhenti segera. Butuh waktu sekitar 3 bulan dari saat kamu berhenti merokok untuk bisa memproduksi sperma yang sehat.

2. Atur Pola Makan Yang Sehat
Perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak asam folat seperti kacang, gandum utuh dan sitrus. Juga perbanyak sayur , buah dan makanan yang mengandung banyak vitamin C dan E.

3. Jaga Berat Badan Ideal
Kegemukan/obesitas pengaruhnya buruk sekali untuk kualitas sperma , pergerakan sperma jadi berkurang dan kuantitasnya menurun.

4. Jangan Stres
Stres dapat menghambat hormon pembentuk sprema dan tentunya merurunkan fungsi seksualitas.

5. Rutin Berolahraga
Perbanyak aktivitas fisik sehari hari dapat membantu menjaga kesehatan sperma

6. Kurangi Konsomsi Makanan/Minuman yang Mengandung Kafein
Kafein yang berlebihan dapat mengurangi jumlah produksi sperma

7. Menjaga Suhu Selangkangan Tetap Dingin
Jangan menggunakan celana/celana dalam yang terlalu ketat , jangan meletakan laptop di pangkuan saat bekerja dan hindari berendam air panas terlalu lama.

8. Waspada Terhadap Pestisida
Berhati hatilah dalam mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung perstisida. Usahakan mengkonsumsi makanan yang organik.

9. Selalu Setia Pada Pasangan
Hindari infeksi penyakit kelamin yang menular akibat sering bergonta-ganti pasangan.

Back to Top