Jenis – Jenis Alat Ukur Panjang Serta Kegunaannya

Mungkin selama ini beberapa dari anda hanya tahu sebatas penggaris saja. Dari fungsi utamanya jelas sama saja yaitu untuk mengukur panjang namun terkadang akan sangat sulit untuk melakukan pengukuran berbagai jenis objek hanya dengan menggunakan satu jenis alat saja. Oleh sebab itu diperlukan alat pengukur panjang yang sesuai sehingga dapat memudahkan proses pengukuran. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai jenis – jenis alat ukur panjang serta kegunaannya.

1. PENGGARIS ATAU MISTAR


penggaris jenis alat ukur panjang

Penggaris merupakan alat ukur panjang yang sudah biasa kita gunakan. Penggaris umumnya terbuat dari bahan kayu , plastik , besi dan kertas. Fungsi utama penggaris adalah sebagai alat ukur panjang dan alat bantu untuk menggambar garis lurus ataupun melengkung. Penggaris juga memiliki banyak jenis seperti penggaris segitiga , penggaris siku , penggaris pola (biasanya digunakan dalam proses manjahit). Harga penggaris ini bervariasi tergantung dari ukuran dan kualitas bahan yang digunakan.

2. METERAN


meteran jenis alat ukur panjang

Meteran merupakan alat ukur panjang yang terbuat dari bahan fleksibel yang bisa digulung dan mudah dibawa kemana mana. Meteran dipergunakan sebagai alat bantu mengukur objek yang besar dalam pertukangan dan juga sebagai alat ukur tanah, bangunan dan lebar jalan. Meteran yang biasa digunakan dalam pertukangan dikenal dengan nama roll meter yang terbuat dari bahan plat besi tipis yang umumnya memiliki panjang 3 – 10 meter. Sedangkan meretan yang biasa digunakan mengukur tanah dan bangunan dikenal dengan nama meteran fiber atau meteran roll yang terbuat dari bahan pita plastik yang umumnya memiliki panjang hingga 50 meter.

Ketelitian pengukuran dengan rollmeter sampai 0,5 mm. Meteran umumnya menggunakan satuan mm atau cm dan satuan feet atau inch. Harga meteran pertukangan (roll meter) berkisar antara Rp 25.000 hingga Rp 60.000 , sedangkan harga meteran fiber dengan panjang 50 meter sekitar Rp 70.000 tergantung dari mereknya juga.

3. JANGKA SORONG


jangka sorong jenis alat ukur panjang

Jangka sorong merupakan alat ukur panjang yang memiliki tingkat akurasi dan presisi yang sangat baik hingga ±0,05 mm. Alat ini biasanya dipakai untuk mengukur diameter benda benda kecil pada bidang industri enjinering pada proses perancangan, pembuatan, hingga pengecekan akhir suatu produk . Karena memiliki tingkat akurasi yang tinggi alat ini menjadi pilihan para enjiner ketimbang menggunakan penggaris, terlebih lagi saat ini sudah ada jangka sorong digital yang dapat menampilkan hasil ukur pada layar digital.

Bentuk jangka sorong menyerupai kunci inggris sehingga bisa digunakan untuk mengukur diameter bagian luar maupun dalam dari sebuah objek. Pada jangka sorong terdapat dua pasang rahang, yaitu sepasang rahang luar atau rahang bawah yang berfungsi untuk mengukur jarak dan sepasang rahang dalam atau rahang atas yang berfungsi untuk mengukur diameter dalam seperti mengukur diameter dalam pada pipa.

Harga jangka sorong manual berkisar Rp 50.000 sedangkan jangka sorong digital sekitar Rp 100.000

4. MIKROMETER SEKRUP


mikrometer sekrup jenis alat ukur panjang

Mikrometer Sekrup merupakan alat ukur panjang yang memiliki tingkat akurasi dan presisi yang sangat baik yaitu hingga 0,01 mm 10x lebih presisi ketimbang jangka sorong. Pada awal penemuannya benda ini difungsikan untuk mengukur jarak sudut antar bintang-bintang dan ukuran benda luar angkasa dari teleskop. Namun saat ini mikrometer sekrup juga sering digunakan untuk mengukur ketebalan serta diameter dari benda-benda yang kecil seperti ketebalan kertas dan diameter kawat serta pengukuran lainnya.

Sedangkan untuk pengukuran panjang benda jarang digunakan. Sayangnya meskipun memiliki nama mikrometer, alat ini tidak tepat jika digunakan untuk mengukur benda dengan skala mikrometer. Pemberian nama mikrometer diambil dari Bahasa Yunani “micros” yang berarti kecil.

Harga mikrometer sekrup manual berkisar antara Rp 125.000 hingga Rp 250.00 sedangkan harga mikrometer sekrup digital harganya cukup mahal sekitar Rp 1.250.000

Baca juga artikel terkait lainnya tentang teknik mengenai Jenis – Jenis Gergaji Tangan Serta Kegunaannya

Back to Top