Jenis Tanaman Aquascape Untuk Pemula Yang Gampang Dirawat

#salamkobok terooss.. Untuk pemula dalam dunia aquascape seperti saya, sering sekali muncul pertanyaan jenis tanaman aquascape apa saja yang gampang dirawat dan cocok untuk pemula. Berikut ini saya rangkum beberapa jenis tanaman aquascape untuk pemula yang gampang dirawat berdasarkan pengalaman pribadi dalam membuat aquascape.

1. Anubias Nana / Anubias species
Anubias memiliki beberapa jenis seperti anubias nana , anubias species lokal , anubias petite , anubias hastifolia , anubias minima dll. Namun jenis anubias yang paling gampang dirawat adalah jenis anubias nana dan anubias species. Anubias nana memiliki ukuran yang kecil dan pertumbuhan yang cenderung lambat cocok untuk tanaman midground , sedangkan anubias species lokal memiliki ukuran yang lebih besar sehingga cocok sebagai tanaman background maupun midground.

Tanaman ini cocok untuk pemula karena sangat kuat, dapat tumbuh pada aquascape tanpa harus inject co2 namun pertumbuhannya akan lebih baik bila mendapat sedikit co2. Anubias juga mampu bertahan pada suhu 30 derajat celcius. Untuk penanaman anubias pada aquascape tidak disarankan bila ditancapkan pada media tanam kerena berpotensi rhyzome membusuk. Disarankan untuk mengikat atau ditempelkan menggunakan lem pada kayu atau batu. Untuk pencahayaan memerlukan pencahayaan sedang.

2. Amazon Sword
Amazon sword dapat tumbuh besar dan berdaun lebat dan berbentuk memanjang sehingga sangat cocok dijadikan background. Amazon swod merupakan tanaman yang umum dan gampang didapat, selain itu tanaman ini juga gampang dirawat dan tegolong ramah dikantong, harga per rhyzome tidak sampai Rp 10.000. Amazon sword dapat bertahan dan mampu tumbuh pada suhu 30 derajat celcius dengan pencahayaan sedang. Baca juga tips Membuat Aquascape Murah Untuk Pemula

membuat aquascape murah

3. Java Fern
Tamanaman ini banyak ditemukan di wilayah asia tenggara, di indonesia juga dikenal dengan nama pakis jawa. Pada habitat aslinya tanaman ini tumbuh dengan menempel pada bebatuan dan akar pohon. Java fern dapat gampang tumbuh pada pencahayaan rendah dan co2 rendah namun tingkat pertumbuhannya sangat lambat. Tanaman aquascape ini bisa tumbuh mencapai ketinggian 20-35cm dan lebar 10-15 cm.

4. Cryptocoryne
Cryptocoryne adalah jenis tanaman yang berkembang biak dengan rhyzome yang meliki tingkat pertumbuhan cukup cepat dan gampang diperbanyak dengan cara memisahkan tunas. Jika kalian menyukai tema semak belukar pada aquascape, Cryptocoryne bisa menjadi pilihan yang menarik. Selain bentuknya yang cantik Cryptocoryne juga sangat minim perawatan.

 Tanaman Aquascape Untuk Pemula

5. Windelove
Tanaman aquascape yang sangat gampang dirawat ini masih satu kerabat dengan java fern. Kebutuhan pencahayaan dan co2 pun cenderung sama dengan java fern, hanya saja pertubuhannya lebih lambat dan tingginya hanya bisa mencapai 15 – 20cm saja. Untuk penanaman windelove disarankan agar diikat ata dilem pada batu atau kayu , hindari menanam Windelove pada substrat karena dapat mengakibatkan rhyzome membusuk.

tanaman aquascape yang gampang dirawat

6. Hydrilla Verticillata
Hydrilla Verticillata atau lebih dikenal dengan nama ganggang air, tanaman ini sangat gampang tumbuh bahkan tanpa bantuan co2 sekalipun dan cenderung ekspansif. Tamanan ini memiliki bentuk yang cukup menarik dan juga dapat dijadikan sebagai penghasil oksigen yang baik dalam aquascape. Selain gampang dirawat harganya juga murah karena gampang didapat.

tanaman aquascape untuk pemula

7. Cabomba
Tamanaman cabomba ada yang berwarna hijau dan merah, masing masing cukup gampang untuk dirawat dan memerlukan co2 rendah, tingkat pertumbuhan juga termasuk cepat. Namun cabomba memerlukan pencahayaan yang cukup tinggi agar dapat tumbuh dengan baik dan memiliki warna daun yang bagus.

tanaman aquascape untuk pemula

8. Bucephalandra
Bucephalandra dikalangan pecinta aquascape sering disebut buce merupakan jenis tanaman aquascape yang dapat tumbuh dengan hanya diikatkan atau dilem pada batang kayu atau batu. Bucephalandra tidak bisa di tanaman pada substrat karena tidak akan bisa tumbuh jika rizomenya tertanam dibawah substrat. Karena tamanan ini pertumbuhanya sangat labat dan bisa hidup tanpa ditanam pada substrat sehingga Bucephalandra sangat cocok dijadikan sebagai hiasan daun pada bonsai aquascape.

tanaman aquascape untuk pemula

9. Bacopa monnieri
Merupakan jenis stem plant atau tanaman yang dapat tumbuh dari hasil pemotongan batang tamanan kemudian ditanam kembali pada substrat. Tanaman ini memiliki daun berwarna hijau muda dan mentuk daun oval yang sangat menarik. Perawatannya sangat gampang bahkan bisa tumbuh tanpa perlu menambahkan co2. Pertumbuhannya lambat namun dengan pencahayaan yang tinggi dapat mempercepat pertumbuhan. Bacopa monnieri sangat menarik bila ditanaman secara berkelompok hingga membetuk semak -semak.

tanaman aquascape yang gampang dirawat

10. Vallisneria Spiralis
Tamanan yang berbentuk menyerupai rumput ini sangat cocok untuk pemula karena penanaman dan juga perawatan yang gampang. Memiliki bentuk daun memanjang dan berkembang biak dengan tunas dengan tingkat pertumbuhan yang cepat. Cocok dilekanan pada bagian pojok aquascape dan sangat disukai ikan sebagai tempat bersembunyi dan bertelur.

tanaman aquascape untuk pemula
https://alchetron.com/Vallisneria-spiralis

11. Lilaeopsis
Tanaman berbentuk menyerupai rumput kecil ini sangat cocok dijadikan segai tanaman karpet pada aquascape. Tanaman ini tidak terlalu membutuhkan perawatan yang banyak dan juga co2 rendah namun memerlukan pencahayaan yang tinggi. Juga hindari menempatkannya dibawah naungan tanaman lain supaya tetap mendapat cahaya yang cukup agar dapat tumbuh dengan baik dan mengarpet pada dasar aquascape.

tanaman aquascape untuk pemula
https://alchetron.com/Lilaeopsis

12. Hygrophila Difformis / Water Wisteria
Salah satu tanaman aquascape yang berasal dari benua Asia yang sangat gampang dalam pertawatan dan meiliki bentuk daun yang sangat indah saat terkena arus air. Hygrophila Difformis merupakan jenis stem plant yang dapat dengan gampang diperbanyak. Tingkat pertumbuhan sangat cepat dan kebutuhan cahaya sedang.

tanaman aquascape untuk pemula
https://alchetron.com/Hygrophila-difformis

13. Jenis Moss
Berbagai jenis moss seperti moss taiwan , moss ricardia , moss peacock dan moss pelia juga gampang dalam perawatan.

Back to Top